Jumat, 01 Januari 2010

SISTEM BELAJAR YANG EFEKTIF


Sebenarnya sistem belajar yang seperti apa sih yang sesuai dengan karakter pelajar di Indonesia?,mungkin akan banyak opini yang menyeruak,namun kiranya semua opini tersebut akan bermuara ke satu titik,yaitu kenyamanan belajar. Semua kegiatan akan terasa begitu menyenangkan jika kita dalam keadaan nyaman dan tidak merasa bosan atau penat.
Menurut pandangan saya,sebenarnya karakter pelajar di Indonesia hampir serupa,yaitu lebih tertarik pada sistem tutor sebaya yang seyogianya membuat mereka selaku pelajar mampu menuangkan pendapat mereka masing-masing dan menemukan jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang selama ini mereka cari. Selain itu mereka dapat menghiasi kegiatan belajar mereka dengan intermezzo yang sesuai dengan diri mereka tanpa harus canggung atau bahkan takut seperti ketika diajar oleh guru yang usianya jauh lebih tua dari mereka.
Sistem tutor sebaya juga akan akan memberikan tingkat pemahaman yang jauh lebih baik ketimbang belajar seperti biasa disekolah. Sikap guru yang seolah acuh terhadap kualitas pemahaman materi yang dimiliki siswa memperburuk kinerja otak siswa dalam mencerna materi yang diberikan. Lain halnya dalam sistem tutor sebaya,sang tutor pasti akan selalu menanyakan apakah yang diajarkan mengerti semua yang diajarkan,sang tutor akan lebih mementingkan kualitas pemahaman ketimbang kuantitasnya.
Jadi mulai saat ini hendaklah kita galang solidaritas selaku pelajar,jangan hanya mementingkan diri sendiri. Jika ada teman kita yang memerlukan bantuan dalam memahami pelajaran,hendaklah kita dengan ikhlas membantu. Tenang saja,ilmu kalian tidak akan berkurang,tapi justru akan bertambah.Amien….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar